Pendahuluan Kecerdasan Buatan


Terdapat beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli untuk dapat memberi gambaran mengenai kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) beberapa diantaranya:
  • Encyclopedia Britannica, kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang merepresentasi pengetahuan lebih banyak dengan menggunakan bentuk simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan..
  • H. A. Simon (1987), kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait pemrograman komputer untuk melakukan hal yang dalam perspektif manusia adalah cerdas.
  • Rich and Knight (1991), kecerdasan buatan merupakan sebuah bidang studi tentang bagaimana caranya membuat komputer dapat melakukan hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Jenis Kecerdasan Buatan
Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut:
  • Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan dari para pakar (human expert) sehingga komputer tersebut memiliki keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara menirukan keahlian yang dimiliki sang pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa manusia sehari-hari.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. Komputer dapat mengenali instruksi suara yang diberikan oleh manusia.
  • Robotika dan Sistem Sensor.
  • Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek yang tampak melalui komputer.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
  • Game Playing.