Dragon Ball Super Future Trunks Saga Kemunculan Black Goku


Pertarungan Goku Melawan Black Goku
Setelah pertarungan antar alam semesta 6 dengan alam semesta 7, Goku dan kawan-kawan kembali melanjutkan kehidupan seperti biasanya. Semua berjalan damai di masa itu, berbeda dengan timeline alam semesta 7 dimana Future Trunks berada.
Di masa depan Future Trunks berjuang menghadapi berbagai musuh kuat, yang berniat memusnahkan seluruh manusia di muka Bumi. Adalah sosok yang mirip dengan Son Goku yang menghancurkan kehidupan di masa depan. Future Bulma menyebut sosok yang mirip dengan Son Goku tersebut sebagai Black Goku, namun untuk menyingkat penyebutan ia cukup disebut dengan Black. Secara fisik Black sangat mirip dengan Goku, hanya saja dia menggunakan pakaian (gi) yang berwarna gelap, tubuh yang lebih kecil, menggunakan potara di telinga kirinya, serta sebuah cincin di tangan kanannya.



Future Trunks tidak dapat mengalahkan Black, dan dengan perintah dari Future Bulma dan Future Mai, ia pergi ke masa lalu, timeline dimana Vegeta berada, dengan menggunakan mesin waktu. Future Trunks berhasil sampai ke masa lalu dengan selamat, ia bertemu dengan Vegeta, Bulma, Kid Trunks, Mai, Whis, Beerus, dan juga Goku. Pada saat ia melihat Goku, ia langsung marah dan menyerangnya. Namun, kemudian Bulma menghentikannya. Salah paham antara mereka akhirnya bisa diluruskan.
Future Trunks kemudian menjelaskan alasan kedatangannya kali ini. Ia menceritakan bahwa masa depan dalam bahaya, banyak pertarungan telah terjadi. Salah satunya ialah ancaman kebangkitan Majin Buu, dimana ia bertarung melawan Dabura dan Babidi seorang diri. Namun dengan petunjuk dari Kaioshin (Supreme Kai), ia berhasil mengalahkan dua penjahat tersebut, serta mencegah kebangkitan Majin Buu di masa depan.
Hanya saja ancaman, belum berakhir. Ia menceritakan tentang kemunculan Black yang ingin menegakkan keadilan dengan menghancurkan seluruh manusia di Bumi. Hal itu menjelaskan alasan kenapa ia menyerang Goku. Vegeta menghina Future Trunks karena lari dari musuh, namun kemudian Bulma menemukan catatan dari Future Bulma, yang menjelaskan Future Trunks harus lari. Dalam catatan tersebut juga dijelaskan cara perawatan dari mesin waktu yang digunakan. Future Trunks juga menjelaskan bahwa ibunya di masa depan telah dibantai oleh Black. Vegeta kemudian berencana pergi ke masa depan untuk mengalahkan Black.
Setelah salah paham antara mereka selesai, Goku dan Future Trunks melakukan latih tanding. Dalam wujud Super Saiya mereka berdua masih agak seimbang, namun kemudian Goku berubah dalam wujud Super Saiya 3 dan mengalahkan Future Trunks dengan mudah. Future Trunks terkejut dan kagum pada kekuatan Super Saiya 3 Son Goku barusan.
Di masa depan, Black mencari Future Trunks untuk menghabisinya, namun ia tidak dapat merasakan ki lawannya tersebut. Ia kemudian mencari Future Trunks di tempat terakhir ia melihatnya, saat itu cincin yang dia gunakan berreaksi, dan membuka portal waktu ke masa lalu. Black datang ke masa lalu, di depan Goku dan kawan-kawan.
Tanpa banyak bicara, Goku langsung menantang bertarung Black. Pertarungan mereka berjalan seimbang, dengan catatan Goku masih menahan kekuatannya. Future Trunks bingung karena Goku tidak langsung berubah ke wujud Super Saiya 3 untuk mengalahkannya. Vegeta kemudian menjelaskan bahwa, Goku memiliki kebiasaan buruk, yakni meremehkan dan tidak serius di awal pertarungan. Whis dan Beerus mengenali cincin yang digunakan oleh Black, serta menyadari bahwa ki yang dimilikinya berbeda dari manusia biasa.
Pada saat pertarungan kian memanas, Black ditarik paksa kembali ke masa depan melalui portal yang sama. Namun sebelum ia kembali, ia sukses menghancurkan mesin waktu, sehingga membuat Future Trunks tidak dapat kembali ke masa depan. Di masa depan ia merasa senang karena tidak ada lagi yang menghalangi rencananya, namun kemudian ia terkapar karena luka pertarungan dengan Goku.
Beerus dan Whis kemudian menjelaskan tentang keanehan sosok Black dan alasan kenapa ia menghilang. Black menggunakan cincin waktu yang hanya dimiliki oleh Kaioshin (Supreme Kai), yang mana cincin waktu tersebut hanya dapat digunakan untuk pergi ke masa depan dan kembali ke masa asalnya. Namun dalam kasus ini terjadi pengecualian, bahwa mesin waktu yang digunakan Future Trunks mengakibatkan distorsi ruang dan waktu, sehingga pada saat Black mendekati tempat keberangkatan mesin waktu tersebut, cincin tersebut berreaksi dan membuka portal waktu ke masa lalu. Hanya saja distorsi ruang dan waktu tersebut hanya sementara, dan begitu aliran ruang dan waktu kembali normal dengan sendirinya, Black dipaksa tertarik kembali ke masa depan. Para Z Fighters memiliki rencana untuk pergi ke masa depan dan mengalahkan Black.



Black Goku memiliki ki yang mirip dengan Zamasu, seorang calon Kaioshin (Supreme Kai) dari alam semesta 10. Alam semesta 10 terhubung dengan alam semesta 3, keduanya bagaikan kembar, sama seperti alam semesta 6 dan 7. Zamasu memiliki kebencian terhadap manusia. Goku sempat bertarung dengannya. Whis menjelaskan bahwa perjalanan waktu ke masa lalu merupakan hal yang dilarang, bahkan bagi para dewa sekalipun. Ketika Whis diminta untuk memanipulasi waktu menuju masa depan, ia juga menjelaskan bahwa kemampuannya hanya dapat memanipulasi waktu dalam rentang tiga menit saja, tidak lebih.

Sosok Black Goku yang sebenarnya adalah Zamasu dari masa depan. Zamasu dari masa depan menggunakan Dragon Ball Super untuk mewujudkan keinginannya, yakni bertukar tubuh dengan Son Goku. Zamasu mendapatkan tubuh Son Goku dan menjadi Black Goku. Setelah mendapatkan tubuh Son Goku, Black Goku membantai Son Goku, Chichi, dan juga Son Goten. Itulah alasan kenapa ki antara Black Goku dan Zamasu mirip, mereka sebenarnya satu orang dari timeline yang berbeda.
Pertarungan antar dewa ini menampilkan Black Goku dengan wujud Super Saiyan Rose, Super Saiyan Blue Vegito, sekaligus Super Trunks. Disebutkan pula bahwa Kaio Shin dan God of Destruction merupakan satu kesatuan. Sehingga bila Kaio Shin musnah maka Beerus juga akan musnah. Kemudian dijelaskan pula tentang sosok Whis, yang tidak lain adalah sosok malaikat (angel) yang bertugas membimbing God of Destruction Beerus. Para malaikat tersebut hanya exist untuk membimbing partner God of Destruction yang telah ditentukan.
Sehingga bila Kaio Shin musnah, maka God of Destruction akan ikut musnah. Ketika God of Destruction musnah, maka tidak ada alasan bagi para malaikat (Whis termasuk) untuk exist, sehingga ia juga akan ikut musnah. Para malaikat tersebut akan kembali bila ada God of Destruction baru.