Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini tidak sedikit penyedia jasa yang menawarkan layanan kursus programming. Namun bagi yang ingin belajar sendiri, telah banyak tutorial belajar pemrograman (programming) di internet, salah satunya dalam artikel ini.
Tutorial Belajar Pemrograman C++
Untuk menjadi seorang programmer yang handal, sebaiknya memiliki kemampuan pemahaman logika yang baik disertai kreativitas dalam menyelesaikan suatu persoalan. Tidak jarang bagi para programmer pemula mencoba membuat program awal untuk melatih logika mereka. Salah satunya ialah dengan membuat program yang menampilkan bentuk segitiga siku, yang mana membutuhkan logika dasar. Berikut ini source code program C++ untuk mencetak tampilan bintang segitiga siku-siku dengan nested for loops, perulangan bersarang. Tinggi segitiga siku-siku merupakan variable bebas dan ditentukan saat running program.
/*
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int l,m,n;
cout<<"Masukkan angka bintang: ";
cin>>l;
for (m=0; m<l; m++)
{
for (n=0; n<=m; n++)
{
cout<<"*";
}
cout<<endl;
}
return 0;
}
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int l,m,n;
cout<<"Masukkan angka bintang: ";
cin>>l;
for (m=0; m<l; m++)
{
for (n=0; n<=m; n++)
{
cout<<"*";
}
cout<<endl;
}
return 0;
}
Berdasarkan source code tersebut berikut tampilan hasil eksekusi program.
Adapun untuk mencetak segitiga siku-siku yang terbalik menggunakan source code berikut.
/*
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang terbalik
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int l,m,n;
cout<<"Masukkan angka bintang: ";
cin>>l;
for(m=l;m>=0;m--)
{
for(n=0;n<=m;n++)
{
cout<<"*";
}
cout<<endl;
}
return 0;
}
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang terbalik
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int l,m,n;
cout<<"Masukkan angka bintang: ";
cin>>l;
for(m=l;m>=0;m--)
{
for(n=0;n<=m;n++)
{
cout<<"*";
}
cout<<endl;
}
return 0;
}
Berdasarkan source code tersebut berikut tampilan hasil eksekusi program.
Variasi lainnya adalah tampilan segitiga siku-siku rata kanan, berikut ini adalah source code yang digunakan.
/*
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang rata kanan
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
void error();
int main()
{
int l,m,n,o,p;
cout<<"Masukkan jumlah baris bintang: ";
cin>>l;
if(l<1)
error();
else
p=l;
for(m=1;m<=l;m++)
{
for(n=p;n>=1;n--)
{
if(n>1)
cout<<" ";
}
for(o=1;o<=m;o++)
{
cout<<"*";
}
p-=1;
cout<<endl;
}
return 0;
}
void error()
{
cout<<"Error, nilai tidak valid."<<endl;
main();
}
Berikut ini program C++ mencetak segitiga siku-siku bintang rata kanan
Tinggi segitiga adalah variable bebas
Loki Lang
*/
#include <iostream>
using namespace std;
void error();
int main()
{
int l,m,n,o,p;
cout<<"Masukkan jumlah baris bintang: ";
cin>>l;
if(l<1)
error();
else
p=l;
for(m=1;m<=l;m++)
{
for(n=p;n>=1;n--)
{
if(n>1)
cout<<" ";
}
for(o=1;o<=m;o++)
{
cout<<"*";
}
p-=1;
cout<<endl;
}
return 0;
}
void error()
{
cout<<"Error, nilai tidak valid."<<endl;
main();
}
Berdasarkan source code tersebut berikut tampilan hasil eksekusi program.
Lihat juga program mencari nilai factorial, exponential, dan akar suatu nilai.
Bila ada sesuatu yang belum jelas dan ingin tahu lebih dalam seputar project Arduino, pemrograman, dan elektronika, bisa bertanya pada bagian comment.