Pengertian Internet Marketing


Pemasaran internet atau disebut juga internet marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau internet. Pengertian dari internet marketing merujuk juga pada pemasaran elektronik, e-marketing, atau online-marketing. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya suatu kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan internet. Dengan terus berkembangnya teknologi telekomunikasi, maka semakin banyak kegiatan atau pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung.
Banyak orang beranggapan bahwa internet marketing adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang (pendapatan) di internet, yang sebetulnya hal ini tidak sepenuhnya 100% benar. Perlu diketahui bahwa banyak sekali program untuk mencari uang di internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan (scam) yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.

Lingkungan Pemasaran Internet
Kegiatan internet marketing umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang terkait dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian konsumen dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Internet marketing ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui search engine, e-mail, dan juga program afiliasi. Kegiatan internet marketing yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi baik search engine, social media, dan juga iklan. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini menjadi sangat penting.

Manfaat Pemasaran Internet
Berbeda dengan pemasaran secara tradisonal, internet marketing tidak terbatas dengan waktu karena dapat diakses 24 jam. Jangkauan pasar yang dapat dicakup oleh internet marketing lebih luas, bahkan mencapai pemasaran internasional. Biaya pemasaran dapat ditekan karena tidak perlu membuat outlet secara fisik dan juga tidak perlu spanduk, brosur, dan lain sebagainya. Internet marketing juga menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk menjalin hubungan baik (public relation) dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau e-mail. Selain itu strategi pemasaran melalui internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan di masa mendatang.

Berikut ini adalah beberapa istilah dalam dunia marketing, yang akan dijelaskan secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

Marketing
Secara sederhana, produsen menawarkan produknya (barang atau jasa) langsung kepada konsumen, tanpa perantara.

Advertising
Produsen memanfaatkan iklan (pihak ketiga) untuk mempromosikan produknya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran calon konsumen akan produk yang dijualnya.

Telemarketing
Produsen menawarkan produknya (barang atau jasa) kepada konsumen, tapi tanpa langsung bertemu. Biasanya dapat melalui telephone atau e-mail.

Public Relation
Produsen menjalin hubungan baik terlebih dahulu dengan calon konsumen, memberikan kesan yang baik untuk mendapatkan kepercayaannya. Setelah berhasil memperoleh kepercayaan dari calon konsumen, baru kemudian produsen tersebut menawarkan produknya.

Brand Recognition
Keadaan dimana para konsumen sudah menyadari kebutuhan akan suatu produk. Sehingga pihak produsen hanya perlu melakukan pemasaran seperlunya saja dan meningkatkan kualitas, karena para pembeli telah menyadari keunggulan produk tersebut. Agar brand suatu produk dikenal baik oleh masyarakat, perlu perjuangan keras, konsistensi, dan strategi pemasaran yang cerdas. Contoh sederhananya ialah seperti Universitas Gadjah Mada tidak perlu melakukan pencitraan melalui iklan di televisi untuk menarik minat calon mahasiswa di Indonesia. Meski begitu, banyak sekali calon mahasiswa di Indonesia yang berminat untuk kuliah di Universitas Gadjah Mada. Minat besar tersebut tidak lepas dari pestasi, tradisi, dan budaya unggul yang dijaga oleh Universitas Gadjah Mada.

Customer Feedback
Untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk, perlu adanya umpan balik, kritik, dan saran dari pengguna produk. Tidak jarang ditemui kritik yang terlalu kasar dan mengada-ada. Bila umpan balik dari konsumen dapat disikapi dengan baik, dilanjutkan dengan evaluasi untuk meningkatkan kualitas, maka suatu produk dapat terus bertahan lama.

Demand and Supply Gap
Merupakan perbedaan antara kualitas maupun kuantitas yang diminta oleh konsumen dengan apa yang ditawarkan oleh produsen. Tidak sesuainya permintaan dan penawaran akan menjadi hambatan dalam penjualan.

Competition
Persaingan dari pihak produsen lain yang menawarkan produk atau jasa yang sejenis.

Restriction
Merupakan aturan batasan yang menghalangi kegiatan penjualan suatu produk di suatu wilayah atau pada saat tertentu. Banyak hal yang menjadi alasan penerapan aturan batasan tersebut, seperti kebijakan pemasaran perlindungan konsumen, mencegah terjadinya monopoly, agama, hingga alasan politik.